26 Agustus 2020

BERSIH DESA

Salah satu kegiatan rutin di Desa BIbis adalah Bersih Desa, yang dilaksanakan setiap Bulan Suro pada hari Jumat Legi setelah solat Jumat. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk melestarikan budaya leluhur dan juga menurut kepercayaan masyarakat, bersih desa dianggap bisa menolak pageblug. Kegiatan ini diawali dengan melakukan kerja bakti beberapa hari sebelumnya. 

Kegiatan bersih desa dilaksanakan di tempat keramat atau pundhen. Diawali dengan doa bersama kemudian dilanjutkan dengan membagikan sedekah bumi atau tumpeng kepada masyarakat yang hadir. Setelah itu, diadakan pertunjukan reog di pundhen lalu diarak ke balai desa. Tahun ini kegiatan bersih desa dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2020.

SUPRIYADI (KAMITUWO III)    LILIS SETYOWATI (SEKRETARIS DESA)    SUMADI (KAMITUWO II)    EKO HANTORO (KASI KESEJAHTERAAN)    PURWANTO (KAUR PERENCANAAN)    SUNARYO (KASI PEMERINTAHAN)    SAKAT (KAMITUWO I)    YULIATI (KAUR TU DAN UMUM)    MUJAYIN (KASI PELAYANAN)    SUDALNO (STAF PERANGKAT DESA)    ANIS LISTIANI (KAUR KEUANGAN)    JURI (STAF)