Desa Bibis

Kecamatan Sukomoro, Kabupaten Magetan

[BERSIH DESA]    [LANGKAH PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19]   
25 Agustus 2020

Sejarah Desa

Desa Bibis merupakan salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan Jawa Timur. Dikisahkan dimulainya pembangunan pemukiman adalah ketika sekelompok orang dari Keraton Yogyakarta yang dipimpin oleh seorang wanita yang dikenal dengan Nyai Sumini. Kelompok orang terdiri dari 25 orang yang memiliki tugas masing-masing. Ada yang bekerja sebagai tukang kayu, tukang masak dan lainnya. Kemudian saat sekelompok orang ini beristirahat di hutan yang terdapat blumbang juga pohon beringin. Nyai Sumini kemudian memimpin diskusi untuk mbabat desa di hutan tersebut. Sorenya, Nyai Sumini yang sedang berada di bawah pohon beringin melihat hewan di blumbang tersebut. Yakni, hewan blibis.

Setelah pembabatan selesai dimulailah pembangunan pemukiman di sekitar blumbang tersebut. Setelah itu, dibentuk tim khusus untuk melaksanakan rapat menentukan nama desa. Kemudian Nyai Sumini memutuskan untuk menamai desa sesuai dengan nama hewan yang ada di blumbang tadi. Kemudian pemukiman ini akhirnya dikenal dengan nama Desa Bibis.

SUPRIYADI (KAMITUWO III)    LILIS SETYOWATI (SEKRETARIS DESA)    SUMADI (KAMITUWO II)    EKO HANTORO (KASI KESEJAHTERAAN)    PURWANTO (KAUR PERENCANAAN)    SUNARYO (KASI PEMERINTAHAN)    SAKAT (KAMITUWO I)    YULIATI (KAUR TU DAN UMUM)    MUJAYIN (KASI PELAYANAN)    SUDALNO (STAF PERANGKAT DESA)    ANIS LISTIANI (KAUR KEUANGAN)    JURI (STAF)