Breaking News
Home / Kondisi Geografis

Kondisi Geografis

KONDISI GEOGRAFIS DESA BIBIS

      Desa Bibis terletak di Kecamatan Sukomoro Kabupaten Magetan memiliki luas administrasi 126.560 Ha, terdiri dari 3 dusun yaitu Dusun Lumbungan,Kidulan dan Dusun Jarakan , batas – batas wilayah sebagai berikut :

  • Sebelah Utara : Ds.Sukomor0
  • Sebelah Timur : Ds.duwet
  • Sebelah Selatan : Ds. Tambakmas
  • Sebelah Barat : Ds. Bandar

      Pola pembangunan lahan di Desa Bibis lebih didominasi oleh kegiatan tanaman Holticultura / Buah Jeruk ,pertanian pangan yaitu palawija ( padi, jagung, kedelai ) dengan penggunaan pengairan tadah hujan.
Desa Bibis merupakan salah satu desa yang memiliki letak cukup strategis. Secara geografis Desa Bibis wilayah sebelah utara ini berbatasan dengan Desa Sukomoro dan sebelah selatan Desa Tambakmas ini terdapat areal perkebunan jeruk pamelo sedangkan sebelah barat berbatasan dengan Desa Bandar dan sebelah timur berbatasan dengan Desa Duwet yang merupakan desa sentra penghasil jeruk pamelo. Demikian juga kondisi lahan yang relatif datar dan subur sangat mendukung produktifitas hasil pertanian.
       Transportasi antar daerah juga cukup lancar, hal ini karena Desa Bibis dihubungkan jalan desa yang menghubungkan antar dusun maupun antar desa. Desa Bibis juga memiliki akses jalan yang menghubungkan Kecamatan Sukomoro dan Kecamatan Magetan. Aktifitas mobilisasi di Desa Bibis cukup tinggi, khususnya mobilisasi angkutan hasil-hasil perkebunan dan pertanian maupun sumber-sumber kegiatan ekonomi lainnya. Selain itu juga didukung fasilitas pendidikan serta fasilitas Kesehatan berupa bidan desa yang sangat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

      Secara umum kondisi fisik Desa Bibis memiliki kesamaan dengan desa – desa lain di wilayah Kecamatan Sukomoro. Desa Bibis merupakan daerah datar. Desa Bibis memiliki luas wilayah : 247.830  Ha yang terbagi dalam dua fungsi penggunaan yaitu tanah pekarangan atau pemukiman serta Pertanian. Ditinjau secara klimatologis Desa Bibis merupakan daerah dengan iklim tropis yang memiliki tingkat curah hujan yang tinggi .

  • Luas Desa, terdiri dari :
  1. Tegal / landing : 190 Ha
  2. pemukiman       : 50 Ha
  3. lainnya                : 1 Ha ( Makam )
  • Penggunaan Tanah untuk Fasilitas Umum :
  1. Lapangan           : 1 Ha
  2. Perkantoran      : 1 Ha
  • Orbitrasi
  1. jarak ke ibukota kecamatan terdekat : 3km
  2. jarak ke ibukota kabupaten : 5 km
  • Iklim
  1. curah hujan : 2.290 mm/th
  2. ketinggian tanah dari permukaan laut : 400 m
  3. topografi : daratan rendah
  4. Suhu udara rata – rata : 30°C