Breaking News
Home / Warta Desa / BERSIH DESA BIBIS

BERSIH DESA BIBIS

      bersih desa 2Bersih Desa atau Rasulan adalah sebuah ritual dalam masyarakat kita. Bersih Desa merupakan warisan dari nilai-nilai luhur lama budaya yang menunjukkan bahwa manusia jadi satu dengan alam. Ritual ini juga dimaksudkan sebagai bentuk penghargaan masyarakat terhadap alam yang menghidupi mereka. Acara ritual Bersih Desa ini biasanya berlangsung satu kali dalam setahun.

    Upacara bersih desa itu merupakan sistem aktivitas atau rangkaian tindakan terstruktur yang ditata oleh adat yang berlaku dalam masyarakat yang berhubungan dengan berbagai macam peristiwa tetap yang biasanya terjadi dalam masyarakat yang bersangkutan. Kegiatan upacara bersih desa tidak lepas dari interaksi sosial masyarakat karena interaksi sosial melibatkan banyak orang sehingga mempunyai hubungan timbal balik antara pelaku dan upacara yang akan dilakukan serta unsur-unsur yang mendukungnya. Oleh karena itu interaksi sosial menjadi faktor terpenting dalam hubungan dengan orang lain dan menyangkut keberhasilan suatu upacara, hal ini menunjukkan adanya gotong-royong dan kerja sama.

      Di desa Bibis bersih desa dilaksanakan detiap tahun sekali yaitu pada bulan Sura pada hari Jumat Legi. Ritual ini diadakan sebagai tanda syukur kepada Allah swt, yang telah memberikan limpahan rahmat serta rejekinya kepada para warga Desa Bibis. Upacara bersih desa diadakan di punden yang terletak di rt 04 rw 01 dukuh banaran. Pelakasanaan bersih desa diawali dengan selamatan atau syukuran panggang tumpeng,  Setelah itu acara puncak yaitu hiburan kesenian reog. Kesenian Reog diarak dari punden dan dilanjutkan mengelilingi desa. Seluruh warga desa Bibis sangat antusias dalam acara ini, bahkan dari luar desa pun banyak yang menonton kesenian reog.

About admin

4 comments

  1. tiap bulan suro hr jumat legi pabila d bulan itu tdk ada jumat legi d adakn jumat kliwon itu yg q tau berdasarkan tahun2 yg lalu

  2. Riski lor mesjid

    Wah hebat ki deso ku perkembangan ITnya udah maju… sekedar saran sekalian promosi hasil hasildari bibis seperti karyane kelompok tani

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *